Profil

Salah satu ide dari konseptualisasi hak kekayaan intelektual (HKI) adalah mewujudkan kesejahteraan terhadap kreator, inventor, industri dan masyarakat secara keseluruhan. Adanya perlindungan dan penegakan HKI diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam mendorong berkembangnya inovasi di bidang teknologi dan alih teknologi, serta penyebaran teknologi bagi keuntungan bersama (Pasal 7 Trade Related Aspect of Intellectual Property Rights, TRIPs). Guna tercapainya tujuan tersebut, maka aspek perlindungan dan pengelolaan atas HKI yang sifatnya terorganisir dan terlembagakan menjadi sangat penting diupayakan, dan Perguruan Tinggi merupakan institusi yang memiliki peran strategis dalam melakukan perlindungan dan pengelolaan HKI ini. Berdasarkan alasan demikian maka Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia Yogyakarta mendorong terlembagakannya suatu Pusat Hak Kekayaan Intelektual Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia yang dapat melakukan penyebarluasan dan pengelolaan HKI bagi kesejahteraan masyarakat.

PUSAT HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA, selanjutnya disebut PUSAT HKI FH UII, adalah Pusat Aktivitas Akademik Mandiri di lingkungan Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia. Lembaga ini didirikan pada tanggal 26 Desember 2006 berdasarkan Surat Keputusan Dekan Fakultas Hukum UII Nomor: 068/Dek-60/SK/Bag.Um&RT/H/ XII/2006. Fokus kegiatan lembaga dititikberatkan pada penguatan sistem HKI, di antaranya dengan pendidikan, pengembangan, penerapan, pemanfaatan dan pengelolaan HKI bagi mahasiswa dan masyarakat. Untuk menjalankan fungsi tersebut, maka bidang kerja di Pusat HKI FH UII terbagi ke dalam tiga bidang, yaitu: Bidang Kajian dan Publikasi, Bidang Riset dan Pengembangan, serta Bidang Pengelolaan.

Visi Pusat HKI FH UII 

  • Mewujudkan Pusat HKI FH UII yang berkomitmen dalam pendidikan, pengembangan, penerapan, pemanfaatan dan pengelolaan HKI sehingga bernilai guna bagi masyarakat.

Misi Pusat HKI FH UII

  • Menyelenggarakan Pendidikan HKI;
  • Menyelenggarakan Riset dan pengembangan HKI;
  • Menyelenggarakan Penerapan, pemanfaatan dan pengelolaan HKI;

Tujuan Pusat HKI FH UII 

  • Mewujudkan pemahaman HKI pada masyarakat secara komprehensif dan berkesinambungan;
  • Mewujudkan hubungan sinergis antara kreator/inventor, universitas, dan industri dalam penerapan, pemanfaatan dan pengelolaan HKI;
  • Mewujudkan pusat dokumentasi HKI dan mendorong optimalisasi perlindungan dan pengelolaannya.

Layanan

Pusat HKI Universitas Islam Indonesia sekarang melayani pengurusan Hak Cipta, Paten, Merek, serta Desain Industri secara online untuk memberikan kemudahan dan pelayanan bagi masyarakat. Selain itu juga menyediakan Forum UMKM untuk sharing berbagai infoemasi tentang HKI

Struktur

  1. Dewan Pakar
  • Dr. Ridwan Khairandy, S.H., M.H.
  • Nandang Sutrisno, S.H., LL.M., M.Hum., Ph.D.
  • Suparman Marzuki, S.H., M.Si.

Tugas dan Wewenang

Dewan pakar mempunyai tugas dan wewenang untuk memberikan masukan kepada Direktur dalam kerangka efektifitas pelaksanaan program serta kesinambungan lembaga.

  1. Direktur
  • Budi Agus Riswandi, S.H., M.Hum.

Tugas dan Wewenang

Direktur mempunyai tugas dan wewenang untuk mewakili aktivitas kelembagaan baik ke dalam maupun ke luar dalam kerangka pelaksanaan program kerja.

  1. Bidang Kesekretariatan dan Keuangan
  • Dhanis Rimbi Apsari, S.Pd

Tugas dan Wewenang

Bidang ini menjalankan tugas dan wewenang berupa pelaksanaan kegiatan kesekretariatan, pengelolaan dan administrasi keuangan serta membantu bidang-bidang lainnya yang berkaitan dengan fungsi kesekretariatan dan keuangan.

  1. Bidang Kajian dan Pendidikan
  • Abdurahman Faqih, S.H.,M.A

Tugas dan Wewenang

Bidang ini mempunyai tugas dan wewenang menyelenggarakan kajian bertemakan HKI serta publikasi HKI, baik yang diperuntukkan bagi internal lembaga maupun eksternal. Kajian dan publikasi ini dimaksudkan sebagai upaya meningkatkan pemahaman HKI pada mahasiswa dan masyarakat serta dalam rangka untuk memperkuat HKI.

  1. Bidang Riset dan Pengembangan
  • Windhura Pranahita, S.H

Tugas dan Wewenang

Bidang ini mempunyai tugas dan wewenang melakukan kegiatan penelitian dan pengembangan dalam lingkup HKI. Penelitian dan pengembangan di sini dititikberatkan pada upaya menggali potensi dan membangun pemahaman serta kesadaran hingga tercipta pada penguatan sistem perlindungan dan pengelolaan HKI.

  1. Bidang Proteksi dan Pengelolaan
  • Yulinda Ika Saputra, S.H
  • Zamroni M.A
  • Parjono

Tugas dan Wewenang

Bidang ini mempunyai tugas dan wewenang memfasilitasi upaya perlindungan dan Pengelolaan HKI bagi masyarakat. Lingkup perlindungan mencakup pada kegiatan pendokumentasian, pendaftaran, pemeliharaan, pemanfaatan dan pengawasan HKI.

Galeri

Kontak

Jl. Lawu No. 1 Kotabaru Gondomanan Yogyakarta 55224
Telp: (0274) 545658
Email: [email protected]

Kunjungi Lebih Lanjut Pusat Studi Hak Kekayaan Intelektual