Profil

Latar Belakang
Pusat Studi Kebansentralan dan Kebijakan Keuangan (PSK3) adalah lembaga pembelajaran, pelatihan dan penelitian kebansentralan dan kebijakan keuangan yang berada di bawah Program Studi Ilmu Ekonomu, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Indonesia.

PSK3 didirikan untuk meningkatkan kualitas dan keandalan sumber daya manuska di UII pada khususnya dan Indonesia pada umumnya yang adaptif, responsif, dan rahmatan lil alamin, khususnya dalam bidang ekonomi. Hal ini akan semakin penting untuk menjawab berbagai tantangan eksternal, mengingat perubahan tatanan ekonomi global yang semakin dinamis.

Kegiatan utama PSK3 adalah pembelajaran, pelatihan, penelitian, kemitraan, dan eksposur publik. PSK3 mengembangkan dan memperbarui kurikulum pengajaran bidang kebanksentralan melalui riset terkini dan strategis di area makroekonomi-moneter, stabilitas sistem keuangan, pasar keuangan, sistem pembayaran, pengelolaan uang rupiah, keuangan dan kewirausahaan syariah dan manajerial-kepemimpinan.

PSK3 direncanakan dapat menjalin kerjasama dengan institusi ternama baik dari dalam negeri maupun luar negeri untuk mendukung program tersebut. Sebelum PSK3 berdiri, kerjasama rintisan yang sudah dilakukan adalah dengan Bank Indonesia Institute (BINS) yang telah ditandatangani oleh Rektor UII dan Deputi Gubernur Bank Indonesia pada 27 Oktober 2017. Kerjasama yang direncanakan adalah dengan perguruan tinggi dalam dan luar negeri, lembaga-lembaga tinggi negara, Pemerintah Daerah, Perusahaan-perusahaan Pemerintah dan Swasta, serta lembaga-lembaga profit maupun nonprofit lainnya.

Bentuk kegiatan eksposur publik dilakukan dengan mengadakan rangkaian seminar dan workshop dengan menghadirkan pembicara terkemuka dari dalam dan luar negeri, serta publikasi hasil-hasil kajian dan penelitian PSK3. Selain itu, sebagai bentuk kontribusi untuk mendukung pengembangan keilmuam, PSK3 juga melakukan edukasi kebanksentralan dan stabilitas keuangan kepada masyarakat serta mendukung kegiatan penelitian di bidang tersebut.

Visi dan Misi

Visi
Menjadi lembaga pembelajaran, studi, dan riset terkemuka yang memberikan kontribusi strategis bagi terwujudnya SDM yang mampu berkualitas dan berintegritas yang makmur, sejahtera, dan berkeadilan.

Misi
Menghadirkan lingkungan pembelajaran, studi, dan riset yang kondusif bagi penciptaan SDM yang handal di bidang ekonomi dan keuangan melalui pengelolaaan terbaik, menjalin kemitraan strategis yang bermanfaat dan didukung dengan prasarana yang unggul.

Tujuan
Mewujudkan pusat pendidikan, riset, dan pengembangan kempemimpinan dalam bidang kebanksentralan, ekonomi, dan keuangan yang berkelas.

Layanan

Program Layanan:
1) Mengadakan seminar tematik tentang perkembangan perbankan dan keuangan
2) Menyelenggarakan workshop kurikulum kebanksentralan dan kebijakan keuangan
3) Diskusi bulanan tentang isu-isu perbankan dan nonperbankan
4) Melakukan penelitian tentang perbankan dan lembaga keuangan
5) Pelatihan financial technology bagi lembaga keuangan

Struktur

Peneliti dan Konsultan PSK3:
1) Listya Endang Artiani, SE., M.Si.
2) Aminuddin Anwar, SE., M.Sc.
3) Jannahar Saddam Ash Shidiqie, SEI, MEK

Galeri

Kontak

Kontak:
PSK3 FE UII
Listya: +628121536937
Nisa: +6285729078109

Kunjungi Lebih Lanjut Pusat Studi Kebanksentralan dan Kebijakan Keuangan (PSK3)