Profil

Kebutuhan untuk selalu meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan suatu bidang ilmu menjadi suatu hal yang sangat dibutuhkan bagi kalangan akademisi. Hukum Pasar Modal dan Hukum Pasar Modal Islam merupakan contoh bidang ilmu yang dipelajari di Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FH UII). Mempelajari Hukum Pasar Modal dan Hukum Pasar Modal Islam tidak cukup hanya dengan mempelajari teori saja melainkan juga perlu memahami praktiknya. Hal ini dikarenakan aspek utama yang dipelajari dari kedua bidang ilmu tersebut adalah investasi portofofio pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Melihat kebutuhan sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, maka dibentuklah Pusat Studi Pasar Modal di Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia. Pusat Studi Pasar Modal pada dasarnya dibentuk untuk dapat mewadahi kegiatan Galeri Investasi BEI FH UII sebagai hasil dari antara BEI, Fakultas Hukum UII, dan Perusahaan Sekuritas(FAC Sekuritas). Fokus Pusat Studi Pasar Modal adalah memperkenalkan pasar modal dan pasar modal Islam kepada mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan FH UII pada khususnya dan masyarakat pada umumnya melalui Galeri Investasi BEI FH UII.

Sebagai akademisi hukum, aspek utama yang dipelajari adalah aspek hukum pada bidang ilmu Hukum Pasar Modal dan Hukum Pasar Modal Islam seperti kejahatan-kejahatan yang terjadi di pasar modal, kontrak-kontrak terkait, hubungan hukum para pihak dan lain sebagainya. Selain itu, dengan semakin berkembangnya ilmu dan teknologi maka kita juga perlu untuk menggali perkembangan potensi yang mungkin digali misalnya cyber crime dan tindakan-tindakan yang melewati yurisdiksi suatu negara. Tidak hanya aspek hukum, aspek ekonomi juga menjadi fokus Pusat Studi Pasar Modal melalui Galeri BEI FH UII. Pusat Studi Pasar Modal mencoba untuk meningkatkan daya analisis mahasiswa terhadap kondisi riil pasar perdagangan serta minat wirausaha dengan melakukan kegiatan jual beli saham di BEI. Pada dasarnya dengan melakukan analasis pasar dan melakukan jual beli di pasar modal secara riil, mahasiswa akan mampu menerapkan teori yang dipelajari di kelas. Begitu pun sebaliknya, pengetahuan mahasiswa akan kondisi riil pasar perdagangan lebih up-to-date sehingga akan menunjang kegiatan belajar mengajar di kelas.

  1. Tujuan
  2. Mewadahi kegiatan Galeri Investasi BEI.
  3. Sebagai pusat pendidikan , penelitian, pengabdian masyarakat serta dakwah islamiyah yang dikaitkan dengan pasar modal. .
  1. Sasaran
  2. Mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan FH UII
  3. Masyarakat

Layanan

  1. Literasi pasar modal kepada civitas akademika FH UII pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.
  2. Investasi pada Bursa Efek Indonesia.
  3. Penelitian dan Pengembangan terkait bidang ilmu Hukum Pasar Modal.
  4. Pengabdian Masyarakat
  5. Kemitraan dengan pihak ketiga guna mendorong kemajuan bidang ilmu Hukum Pasar Modal.

Struktur

Struktur Organisasi:

  1. Ketua : Dr. Siti Anisah, S.H., M.Hum.
  2. Bidang Edukasi, Riset dan Pengabdian : Ratna Hartanto, S.H., LL.M.
  3. Bidang KSPM : Inda Rahadiyan, S.H., M.H.
  4. Bidang Kerjasama : Lucky Suryo Wicaksono, S.H., M.Kn.
  5. Pengurus Harian Galeri Investasi : Catur Septiana Rakhmawati, S.H.

Galeri

Kontak

Gedung Ace Partadiredja
Ring Road Utara, Condongcatur, Depok,
Sleman, Yogyakarta 55283

Telepon: +62 274 881546 Pesawat 1000
Faks: +62 274 882589
Surel: fe[at]uii.ac.id

Kunjungi Lebih Lanjut Pusat Studi Pasar Modal (PSPM)