Profil

Sejarah Pendirian:
Sejalan dengan orientasi Pemerintah saat ini, perguruan tinggi harus mampu mendekatkan diri dengan realitas kehidupan masyarakat, sehingga mampu menghasilkan produk-produk terapan yang berguna bagi masyarakat pengguna perguruan tinggi tersebut. Untuk menjembatani kebutuhan masyarakat tersebut Program Studi Akuntansi FE UII mendirikan sebuah lembaga yang bergerak dalam kegiatan penyediaan jasa penelitian, pelatihan dan konsultasi akuntansi dan bisnis yang diberi nama Pusat Pengembangan Akuntansi pada tahun 27 Januari 1996.
Landasan:
SK Dekan No. 037-006/DE/IX/1996

Layanan

Kegiatan:
Pusat Pengembangan Akuntansi (PPA) FE UII merupakan unit pelaksana pengembangan akademik yang dikemas dalam bentuk penyediaan jasa penelitian, pelatihan serta konsultasi. Sejak berdirinya yaitu tahun 1996 sampai dengan sekarang, PPA-FE UII telah banyak melakukan kerjasama dalam bidang penelitian, pelatihan, dan jasa konsultasi dengan beberapa Pemerintah Daerah di sekitar DIY dan Jawa Tengah, meliputi: Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman, Klaten, Kulon Progo, Temanggung, Cilacap, Pati, Rembang, dan Boyolali. Namun demikian, PPA-FE UII tidak menutup kemungkinan untuk bekerja sama dengan organisasi bisnis. Hal ini telah dilakukan sejak tahun 1996 dengan menyediakan jasa layanan konsultasi perpajakan bagi usaha kecil dan menengah.

Beberapa kegiatan yang telah dilakukan oleh PPA antara lain:

  1. Pengabdian masyarakat berupa pelatihan maupun konsultasi pada bidang akuntansi dan keuangan dengan masyarakat, organisasi swasta maupun pemerintahan. Adapun beberapa kegiatan yang telah dilakukan antara lain:
    • Bimbingan Teknis untuk Desa dan SKPD di Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan pada September 2015.
    • Pelatihan akuntansi dan pengembangan sistem informasi akuntansi pada Yayasan Masjid Syuhada pada 2015-2016.
  2. Penelitian individu maupun kolaborasi antara dosen dan mahasiswa atau dosen dengan dosen. Kegiatan ini menghasilkan paper yang dipublikasikan kedalam Conferense maupun jurnal, baik nasional maupun internasional. Salah satu prestasi yang didapat adalah pengiriman paper untuk dipresentasikan ke dalam Simposium Nasional Akuntansi, dimana PPA mengirimkan sebanyak 6 Paper pada SNA18 2015 di Medan dan mengirimkan 18 Paper pada SNA19 2016 di Lampung.

Struktur

Direktur Pusat Pengembangan Akuntansi (PPA) UII

Ayu Chairina Laksmi, SE., M.AppCom., M.Res., Ph.D., Ak., CA

Galeri

Kontak

Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi UII
Telepon : (0274) 881546 Ext.2226/2110
E-Mail : [email protected]

Kunjungi Lebih Lanjut Pusat Studi Akuntansi