Profil

Pusat Studi Forensika Digital berdiri sejak tahun 2014 dan berada di bawah Jurusan Teknik Informatika FTI. Pusat Studi ini berfungsi sebagai unit yang memfasilitasi pengembangan bidang ilmu forensika digital. Terdapat tiga misi utama dari Pusat Studi ini, yaitu: mengembangkan kajian keilmuan dalam bentuk penelitian maupun kurikulum pendidikan pada bidang digital forensics, cybercrime, digital evidence, steganography and watermarking, serta computer security secara umum; memberikan edukasi, training dan penyiapan SDM dengan kompetensi forensika/investigator/analis digital baik untuk kalangan umum ataupun untuk kalangan terbatas (penegak hukum, pendidikan); dan memberikan layanan masyarakat untuk jasa investigasi kasus kasus yang melibatkan aktivitas dan penanganan bukti digital serta penyediaan tenaga ahli untuk memberikan klarifikasi temuan dan uji barang bukti digital.

SK Dekan Pendirian Pusat Studi Forensika Digital Prodi Teknik Informatika Fakultas Teknologi Industri UII.

Misi

Terdapat tiga misi utama dari PUSFID, yaitu :

  1. Mengembangkan kajian keilmuan pada tema : digital forensics, cybercrime, digital evidence, steganography and watermarking, serta computer security secara umum.
  2. Memberikan edukasi, training dan penyiapan SDM pada kompetensi forensika digital baik untuk kalangan umum ataupun untuk kalangan terbatas (penegak hukum, pendidikan).
  3. Memberikan layanan masyarakat untuk melakukan pengujian sample digital serta penyediaan tenaga saksi ahli untuk memberikan klarifikasi temuan dan uji sampel digital.

Struktur

Galeri

Kontak

Gedung KH. Mas Mansyur
Universitas Islam Indonesia
Jl. Kaliurang KM. 14,5 Sleman Yogyakarta 55584

Telepon: (0274) 895 287 Ext. 151
Email: [email protected]
Website: http://forensics.uii.ac.id/

Kunjungi Lebih Lanjut Pusat Studi Forensika Digital