Profil

      Pusat Studi Keselamatan Kesehatan Kerja (K3) & Lingkungan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Islam Indonesia (UII) dipelopori oleh Azham Umar Abidin, SKM, MPH dan Fajri Mulya Iresha, ST, MT karena melihat kondisi kasus kecelakaan kerja semakin tinggi, data dari Kemnaker RI di tahun 2016 101.367 kasus kecelakaan kerja, tahun 2017 ada 123.041 kasuk dan pelaksanaan K3 belum maksimal di berbagai tempat kerja. Melihat dari kasus-kasus tersebut, pemerintah sebenarnya sudah mengatur dalam UU No 1 tahun 1970 tentang keselamatan kerja, yang mengatur mengenai Keselamatan dan Kesehatan Kerja.  Kemudian adanya UU No 13 Tahun 2003 Pasal 86 dan 87 yang mengatur mengenai hak tenaga kerja dan pasal 87 menyebutkan setiap perusahan wajib menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) yang terintegrasi dengan sistem manajemen perusahan. Setelah itu munculah regulasi baru Peraturan Presiden (PP) No 50 tahun 2012 tentang penerapan SMK3, dan peraturan lainnya mengenai K3 yang lebih spesifik. Bahkan standar international yang terbaru mengenai Sistem Manajemen K3, International Standar Organization (ISO) 45001:2018 tentang Occupational Health & Safety Management System.

        Pusat Studi K3 dan Lingkungan UII berdiri pada tanggal Mei 2017 berdasarkan Surat Keputusan (SK) Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Islam Indonesia Nomor 180/SK-Dek/DAU/V/2017 tentang Pendirian Pusat Studi Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan (PSK3L) FTSP UII. Pusat Studi K3 dan Lingkungan FTSP UII atau di industri sering dikenal dengan istilah Health and Safety and Environment (HSE), hingga kini terus berupaya menjadi wadah pengembangan K3 dan Lingkungan dalam lingkup kinerja di bidang pelatihan, penelitian dan pengabdian, serta jasa konsultasi. Pusat Studi K3 & Lingkungan merupakan terobosan baru di bidang ilmu K3 yang terintegrasi dengan ilmu teknik lingkungan, hal ini sesuai dengan kebutuhan saat ini di berbagai bidang.

Visi
Menjadi pusat studi yang terdepan serta berkontribusi dalam aspek keselamatan kesehatan kerja dan lingkungan di Indonesia untuk mendukung terwujudnya Universitas Islam Indonesia sebagai rahmatan lil’alamin.

Misi

  • Mengembangkan potensi Pusat Studi Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan (PSK3L) melalui penelitian, pelatihan dan pengabdian masyarakat.
  • Terciptanya hubungan kemitraan win-win solution antara perguruan tinggi dengan industri, instansi pemerintahan maupun masyarakat.
  • Memberikan sumbangsih dan memberi masukan mengenai masalah keselamatan kesehatan kerja dan lingkungan pada Universitas Islam Indonesia, masyarakat, pemerintah maupun industri.

Layanan

Pusat Studi K3 dan Lingkungan FTSP UII atau di industri sering dikenal dengan istilah Health and Safety and Environment (HSE), hingga kini terus berupaya menjadi wadah pengembangan K3 dan Lingkungan dalam lingkup kinerja di bidang pelatihan, penelitian dan pengabdian, serta jasa konsultasi. Pusat Studi K3 & Lingkungan merupakan terobosan baru di bidang ilmu K3 yang terintegrasi dengan ilmu teknik lingkungan, hal ini sesuai dengan kebutuhan saat ini di berbagai bidang.

Struktur

Penanggung Jawab                               : Dekan FTSP UII

Direktur                                                  : Azham Umar Abidin, SKM, MPH

Sekertaris                                               : Dr. Nur Aini Iswati Hasanah, S.T., M.Si

Fajri Mulya Iresha, ST, MT

Divisi Penelitian&Pengembangan   : Suphia Rahmawati, ST, MT, PhD

Divisi Pelatihan&Kerjasama             : Dhandhun Wacano, S.Si., M.Sc.

Adam Rus Nugroho, S.T., M.T.

Publikasi & Adminstratif                  : Heriyanto, Amd

Galeri

Kontak

Pusat Studi K3 dan Lingkungan

Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Islam Indonesia
Kampus UII Terpadu, Jl. Kaliurang KM 14,5 Sleman-Yogyakarta 55584

Telp.           : (0274) 898471, 898472, 896440
Email          : [email protected]
Web           : www.psk3l.uii.ac.id
Instagram   : @psk3l_uii

Kunjungi Lebih Lanjut Pusat Studi K3 dan Lingkungan